Rabu, 27 Februari 2013

Tips Teknik Memasak dengan Sehat

Dengan teknik-teknik memasak secara sehat, tubuh kita akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan. Nah, tak perlu berpanjang lebar seperti biasanya, berikut ini tips/cara memasak dengan sehat.
 
Tips Memasak Sehat #1 : Sehatkan mata dan tulang.
Tambahkan avokad, minyak zaitun, kacang-kacangan ke dalam sayur dan buah berwarna merah, hijau, oranye, dan kuning. Ini akan mempermudah penyerapan vitamin A, E, dan K dalam tubuh. Dan vitamin-vitamin ini bermanfaat untuk membuat mata kita tetap sehat, meningkatkan sistem imun tubuh, serta menghindari tubuh dari serangan stroke.

Karena sebenarnya di dalam avokad, minyak zaitun, dan kacang-kacangan terdapat lemak yang melarutkan vitamin-vitamin tersebut dalam sistem pencernaan kita. Demikian dijelaskan Cynthia Sass, RD., MPH., juru bicara dari American Dietetic Association.
Tips Memasak Sehat #2 : Potongan pelawan flu.
Saat kita hendak menikmati buah-buahan yang mengandung vitamin C, sebaiknya buatlah potongan-potongan yang besar. “Ini akan membuat kita memperlambat proses oksidasi vitamin C. Sehingga suplai vitamin C tetap dapat dinikmati tubuh untuk membentuk sistem imun,” papar Roberta Larson Duyff, RD., penulis American Dietetic Association Complete Food and Nutrition Guide.


Tips Memasak Sehat #3 : Jaga kulitnya untuk menjaga nutrisi di dalamnya.

Terong, apel, dan kentang adalah bahan makanan yang bisa dinikmati utuh bersama kulit-kulitnya. “Jika kita membuang kulitnya maka kita akan kehilangan banyak nutrisi, vitamin dan mineral,” ungkap Duyff.


Tips Memasak Sehat #4 : Tambahkan asupan kalsium.
Saat kita membuat sup, coba tambahkan cuka apel atau tomat ke dalamnya. Zat asam yang ada di dalam cuka apel dan tomat akan menyatu sempurna dengan tulang-tulang ayam sehingga membuat kuah sup kita memiliki 64 persen kalsium lebih banyak. Ini diungkapkan Harvard University dan Beth Israel Hospital dari hasil penelitian mereka.

Kita juga dapat melakukan hal yang sama ketika memanggang iga sapi. Olesan cuka apel akan menambah kandungan kalsium dari iga sapi panggang yang kita olah.


Tips Memasak Sehat #5 : Maksimalkan pencegahan terhadap kanker.

Suhu panas akan menghancurkan allinase yang ada di dalam bawang putih. Padahal allinase dibutuhkan tubuh untuk melawan sel kanker dan pembentuk enzim imunitas tubuh. Jadi setelah kita memotong atau memarkan bawang,sebaiknya biarkan dulu selama 10-15 menit baru kemudian masukkan dalam masakan.

Tujuannya, menurut Pennsylvania State University dan National Cancer Insitute, adalah agar bahan aktif yang ada di dalam bawang putih mampu membentuk perlindungan dari panas. Tapi sebenarnya, bawang putih lebih baik dinikmati dalam keadaan mentah.


Tips Masak Sehat #6 : Panas pelindung jantung.

Makanan yang mengandung lycopene seperti tomat akan lebih mudah dicerna oleh tubuh jika diolah dengan cara dipanaskan. Bisa dengan ditumis menggunakan minyak zaitun atau direbus selama 15-20 menit.




Tips Masak Sehat #7 : Singkirkan Lemak Pada Daging.

Untuk menghasilkan makanan sehat yang rendah lemak, Anda bisa menyingkirkan lemak pada daging terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ketika Anda menyingkirkan kulit dan bagian ekor yang berlemak pada ayam, Anda berarti telah mengurangi kandungan lemak sebanyak 30%. Begitu juga ketika Anda memasak daging sapi. Anda bisa menyingkirkan gajihnya terlebih dahulu supaya masakan Anda lebih sehat. Jika Anda tak memiliki waktu untuk itu, maka pilihlah daging sapi bagian has dalam yang cenderung rendah lemak.



Tips Masak Sehat #8 : Metode Tumis Rebus. 

Metode ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi penggunaan minyak goreng di masakan Anda. Jika Anda biasanya menggunakan empat sendok minyak goreng, Anda bisa menguranginya hingga hanya menggunakan satu sendok saja. Tumis bahan yang dibutuhkan secara cepat, lalu tambahkan tiga sendok air, hingga Anda memperoleh hasil yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan cooking spray oil atau kuas pastry untuk mengurangi penggunaan minyak.


Tips Masak Sehat #9 : Modifikasi Makanan Sehat.

Untuk menjaga masakan Anda agar tetap sehat, tanpa kehilangan kelezatan rasanya, Anda bisa melakukan modifikasi dan mengganti bahan-bahan masakan Anda dengan yang rendah lemak. Misalnya, Anda bisa mengganti santan dengan susu kedelai, krim dengan susu low-fat, dll. Bagi Anda penggemar salad, ganti dressing Anda dari mayones menjadi alpukat, dengan perbandingan satu banding satu. Dengan begitu, nutrisi dalam salad Anda akan bertambah.

Hindari Menggoreng. Jika Anda gemar dengan goreng-gorengan, maka sebaiknya mulai sekarang Anda harus menguranginya. Selain menimbulkan kolesterol, gorengan juga tidak baik untuk jantung Anda. Akan lebih baik jika Anda memasak dengan metode kukus, tim, panggang, atau rebus.


Tips Masak Sehat #10 : Tips Kaldu Sehat.

Kaldu adalah bahan masakan yang sangat penting dalam pembuatan sup yang lezat. Namun, seringkali kaldu bercampur dengan gajih dan lemak dari daging, sehingga sup Anda mengandung banyak lemak yang tentunya tak baik bagi kesehatan. Untuk membuat kaldu rendah lemak, Anda dapat merebus daging di dalam air yang Anda ingin jadikan kaldu. Setelah kaldu Anda siap, jangan langsung gunakan kaldu itu untuk memasak. Lebih baik Anda dinginkan kaldu di dalam lemari es selama semalam, hingga lapisan lemak terbentuk di atas kaldu. Keesokan harinya, Anda bisa menyingkirkan terlebih dahulu lemak yang mengumpul di atas kaldu, dan barulah Anda bisa mengolah kaldu lezat rendah lemak untuk berbagai masakan.


Demikian review kami tentang tips/cara/strategi memasak untuk menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Semoga bermanfaat.

Sumber : kumpulan-tips-teknik-memasak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar