Rabu, 27 Februari 2013

Makanan untuk Mata Sehat Alami

Jangan abaikan kesehatan mata anda. Mumpung masih muda, sebaiknya anda selalu memperhatikan kesehatan mata, cara muda untuk menjaga kesehatan mata yakni menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A.

Ketika beraktivitas di luar ruang, lindungi mata dengan memakai kacamata. Dan ketika anda bekerja dengan komputer, pastikan layar monitornya sudah menggunakan kaca filter untuk menangkal radiasi komputer. Istirahatkan mata setelah bekerja 30 menit di depan komputer. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan tapi hindari cahaya yang menyilaukan, sebaiknya anda memandang pemandangan berwarna hijau untuk mengembalikan kesegaran mata.

Selain cara di atas, anda juga perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang secara khusus memberikan perlindungan kesehatan dan perawatan terhadap mata. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk mata sehat alami;

1. Wortel dan Bebagai Jenis Ubi


Wortel dan ubi-ubian mengandung pro vitamin A karotenoid yang tinggi, betakaroten, dan vitamin yang paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mengobati mata kering dan berbagai macam gejala iritasi mata lainnya.

Jenis sayuran ini juga dapat membantu melindungi kornea di mata yang penting untuk penglihatan. Selain itu sayuran ini juga dapat menjaga tulang untuk kuat dan sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dalam wortel membuat membran pada permukaan mata dan kulit lebih kuat, sehingga mencegah infeksi bakteri dan virus.


2. Kacang-kacangan

Kenari dan almond sangat baik untuk mata. Mereka kaya akan vitamin E yang dapat mencegah katarak.


3. Brokoli dan bayam (Sayuran berwarna hijau)

Sayuran hijau ternyata turut menyehatkan mata lho. Penelitian menunjukkan bahwa lutein yang banyak terkandung dalam brokoli dapat melindungi mata dari risiko degenerasi makula dan mencegah katarak. Sedangkan bayam mengandung zeaxanthin yang melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya katarak.


4. Ikan salmon

Tingginya kandungan asam lemak omega 3 dalam salmon menjadikannya makanan sehat untuk mata. Lemak sehat ini memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula.


5. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng dikenal dapat melindungi mata dari efek berbahaya sinar matahari. Karena terbuat dari susu, yogurt juga mengandung vitamin D yang merupakan anti-inflamasi yang melindungi ketajaman penglihatan.


6. Alpukat

Lutein merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mata. Dan coba tebak, alpukat mengandung jumlah lutein tertinggi, bila dibandingkan dengan semua buah-buahan lainnya.


7. Dark chocolate

Dark chocolate sangat kaya akan ekstrak kakao yang baik untuk kornea mata. Namun, hindari konsumsi produk cokelat yang mengandung terlalu banyak gula atau pemanis.


8. Bawang merah

Bawang merah kaya akan belerang, jenis mineral yang membantu menghasilkan zat kimia yang disebut glutathione yang bertugas untuk melindungi lensa mata.


9. Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung 2 nutrisi penting untuk mata, yakni sulfur dan sistein. Mereka hadir dalam telur dan membuat lensa mata tetap jernih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar