Rabu, 27 Februari 2013

Tips Merawat Kesehatan Pendengaran Anda

Indera pendengaran adalah indera yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Kadang kita sering melakukan hal yang secara tidak langsung dapat merusak atau mengganggu indera pendengaran kita. Berikut ini adalah tips dan hal apa saja yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan indera pendengaran anda.


1. Hati-hati menggunakan cotton buds, karena jika kapas tertinggal di dalam akan mempengaruhi pendengaran, kapas akan menyumbat gendang telinga, selain itu juga jangan terlalu keras dalam penggunaan cotton buds dan jangan terlalu dekat pada gendang telinga.

2. Serangga kecil juga dapat menggangu pendengaran anda. Semut misalnya, jika tidak sengaja masuk dan menggigit bagian dalam telinga akan mengganggu pendengaran anda. Untuk itu maka perhatikan kebersihan sekitar tempat tidur anda.

3. Usahakan jauhi tempat-tempat yang mempunyai kebisingan atau tingkat polusi yang teralu tinggi karena akan sangat mengggangu pendengaran anda.

4. Jangan mendengarkan musik terlalu keras menggunakan earphone atau pengeras lainnya yang ditempelkan pada telinga karena sangat berbahaya bagi gendang telinga anda.

5. Jangan menunda untuk memeriksakan pendengaran anda jika merasa ada yang tidak beres. Jangan menunggu sampai parah dulu baru periksa karena akan sangat berbahaya dan susah penyembuhannya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar