Rabu, 20 Februari 2013

Pijat dan Refleksi, Apa bedanya?



Pijat dan refleksi, banyak dari kita yang sering mendengar 2 kata tersebut. Mungkin banyak juga yang mengira bahwa pijat dan refleksi adalah sama, namun ternyata keduanya memiliki arti dan cara yang berbeda dalam teknik dan pelaksanaanya. 

Pijat
Pijat sendiri memiliki pengertian meremas atau menggosok jaringan tubuh dengan tujuan untuk mengurangi ketegangan dan menciptakan efek relaksasi pada tubuh. Biasanya dilakukan menggunakan minyak gosok atau minyak herba lainnya untuk melemaskan otot dan urat-urat yang kaku pada bagian sendi, tangan, kaki, jari dan siku. Metode yang digunakan dalam pijat pun beragam, meremas, teknik relaksasi, gerakan memutar, membungkuk dan merengangkan, menggoyangkan tubuh, relaksasi otot, pijat medis, penguatan otot..


Refleksi
Refleksi adalah teknik penekanan pada beberapa titik dari bagian kaki, tangan dan telinga dengan tujuan untuk memulihkan kesehatan atau mendeteksi penyakit dalam. Filosofi dari refleksi adalah beberapa titik dibagian tubuh berhubungan langsung dengan organ dalam tubuh yang terkena penyakit.

Perbedaan Pijat dan Refleksi
- Pijat sendiri focus kebagian seluruh otot sedangkan refleksi hanya pada titik-titik tertentu di tangan, kaki, dan telinga yang berhubungan langsung pada penyakit atau keluhan.
- Pijat sendiri saat prakteknya mengharuskan seseorang untuk membuka keseluruhan pakaiannya kecuali dalaman sehingga semua bagian tubuh dapat dilakukan pemijatan. Sedangkan refelksi sendiri tidak perlu karena hanya bagian kaki, tangan, dan daerah dekat telinga saja yang disentuh.
 



 



1 komentar: