Kamis, 21 Februari 2013

Tips Menjaga Berat Badan Ideal


Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang baik pria maupun wanita. Banyak orang yang sudah mempunyai berat badan ideal tapi kebingungan cara untuk mempertahankan berat badan mereka. Ada yang melakukan diet tapi malah menyusutkan berat badan dan terlihat terlalu kurus begitu juga sebaliknya. Sebenarnya bukan hanya pada faktor makanan yang membuat berat badan kita berubah-ubah, karena faktor yang paling mempengaruhi adalah metabolism tubuh kita. Tiap orang memiliki pola metabolisme yang berbeda, ada yang metabolisme tinggi dan juga ada yang rendah.


Berikut ini adalah 4 tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal dan tentunya mempunyai efek yang baik bagi kesehatan tubuh anda.

1. Minum air putih 8 gelas sehari secara berkala, air putih sangat berguna bagi kesehatan anda serta dapat melancarkan metabolism sehingga berat badan akan tetap ideal. Mulai sekarang hindari minuman-minuman berwarna dan mengandung gula yang tinggi karena dapat membuat berat badan anda naik secara cepat karena minuman seperti itu memiliki kalori yang sangat tinggi.
2. Jangan pernah melewatkan sarapan pagi anda. Sarapan sering dianggap aktifitas yang sepele dipagi hari, padahal manfaat dan efeknya terhadap berat badan sangat berhubungan. Biasanya orang yang melewatkan sarapan akan makan lebih banyak saat makan siang karena rasa lapar yang lebih dari orang yang sarapan. Tentunya asupan kalori juga akan lebih banyak yang masuk dan akan menumpuk menjadi lemak.
3. Olahraga. Ini adalah faktor terpenting anda dalam menjaga berat badan ideal. Olahraga yang teratur minimal 30 menit setiap harinya selain akan membuat tubuh menjadi fit juga akan membuat berat badan anda tetap ideal.
4. Konsumsi karbohidrat yang bervariasi. Orang Indonesia rata-rata mengaplikasikan karbohidrat pasti adalah nasi, padalah masih banyak sumber karbo yang lebih baik dari nasi sendiri, seperti Jagung, Ubi, Singkong, dll. Sumber karbo tersebut memiliki kandungan yang baik bagi tubuh untuk tetap mempertahankan berat badan ideal anda.
Lakukan secara teratur 4 tips diatas dan lihat pada timbangan, berat badan akan selalu berada diangka ideal anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar