Jumat, 22 Februari 2013

4 Langkah Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Baik

Jakarta, Tubuh Anda memiliki kemampuan melindungi diri terhadap bakteri dan virus penyakit yang disebut dengan sistem imun atau kekebalan tubuh. Tetapi sistem kekebalan tubuh Anda dapat melemah dan tidak bekerja secara optimal jika tidak disertai pola hidup yang sehat.

Ketika Anda jatuh sakit, dokter biasanya menyertakan obat antibiotik untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda yang lemah.

Tetapi, penggunaan antibiotik yang salah dan pola hidup yang tidak sehat dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat tubuh tidak mampu melawan infeksi.

Berikut 4 langkah yang harus Anda perhatikan agar sistem imun Anda bekerja optimal, seperti dilansir dari redbookmag, Senin (21/5/2012) antara lain:


1. Gunakan antibiotik dengan benar

Minta petunjuk dokter tentang penggunaan antibiotik dan ikuti apa yang diinstruksikan dokter Anda. Setiap kali Anda melewatkan dosis, tidak menyelesaikan penggunaan antibiotik sampai habis, atau minum alkohol saat Anda berada dalam masa pengobatan, akan membuat antibiotik tidak bekerja secara efektif dan memberikan kesempatan bakteri untuk kebal terhadap antibiotik.

2. Beli daging berlabel organik

Banyak sapi yang dibesarkan dengan menggunakan antibiotik untuk hewan. Daging sapi yang telah terkontaminasi antibiotik tidak baik untuk dikonsumsi, maka belilah daging di supermarket yang berlabel organik atau telitilah kondisi daging jika Anda membelinya di pasar tradisional.

3. Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar

Sayur dan buah mengandung vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Makan sayur dan buah juga dapat menjadi antibiotik alami bagi tubuh. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang organik dan bebas dari paparan pestisida.

4. Jangan terlalu sering makan di luar

Anda tidak akan tahu bagaimana kualitas bahan makanan dalam masakan yang disajikan restoran-restoran favorit Anda. Mungkin saja restoran tersebut menggunakan daging yang tidak organik dan sayuran yang tidak segar. Makan makanan yang tidak sehat dapat melemahkan sistem imun Anda.

5. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur akan membuat tubuh menjadi bugar dan sistem imunitas tubuh meningkat. Oleh karena itulah, orang yang rajin berolahraga tidak mudah sakit.

 Sumber : 4 Langkah Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Baik 

1 komentar: