Kamis, 07 Maret 2013

Pijat, Amankah Untuk Wanita Hamil?

Pijat, Amankah Untuk Wanita Hamil?Wanita Hamil umumnya akan lebih cepat merasa lelah atau pegal. Tingkat stres pun biasanya meningkat pada wanita yang sedang hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, perubahan bentuk tubuh, kekhawatiran akan proses persalinan nanti, ataupun beban berat janin yang harus ditanggung oleh Wanita Hamil.Untuk mengatasi rasa lelah, stres, dan emosi orang biasanya memilih pijat sebagai solusi yg dipercaya bisa membantu mengurangi atau bahkan meredakan keluhan – keluhan tersebut. Tidak berbeda juga bagi wanita hamil. Tetapi, dikarenakan semua sistem didalam tubuh seorang wanita hamil sedang mengalami perubahan, dan terdapat janin didalam perutnya, apakah aman melakukan pijat bagi wanita hamil?

Pijat bagi wanita hamil aman – aman saja asalkan memenuhi standar keamanan bagi ibu dan janin.

Yang penting untuk diketahui dan dilakukan adalah
  1. Konsultasikan dengan dokter mengenai kesehatan ibu dan janin.
  2. Hindari memijat didaerah perut.Menurut Dr. Fakhriantini, Sp.Og, hindari memijat pada daerah perut untuk wanita hamil. Hal ini dikarenakan daerah perut sangat rawan. Jika terjadi penekanan yang tidak benar pada perut saat memijat maka bisa menyebabkan plasenta janin lepas sehingga menyebabkan janin tidak bergerak, kemudian meninggal. Sekalipun posisi janin sungsang, tidak disarankan untuk melakukan pijat untuk memutar posisi janin.
  3. Pemijatan bisa dilakukan didaerah yang aman seperti punggung, kaki dan leher, agar tidak terjadi efek samping yang negatif untuk ibu dan janin yang masih ada didalam kandungan.
  4. Harus dilakukan oleh terapis yang benar – benar kompeten dan mengerti benar does dan doesn’t yang berlaku untuk pijat bagi wanita hamil. Misal menggunakan meja yang khusus untuk tempat berbaring, dengan cekungan disalah satu permukaanya, sehingga bisa dijadikan untuk menaruh perut, sehingga ibu bisa berbaring tengkurap dengan nyaman dan terapis dapat memijat punggung untuk melemaskan otot-otot dan meredakan stress untuk mempersiapkan persalinan.
  5. Penting banget untuk menghindari daerah perut karena jika salah memijat pada syaraf – syaraf tertentu yang bisa menyebabkan kontraksi dan kelahiran premature.
Jadi, sebenarnya asalkan dilakukan dengan benar, maka pijat untuk wanita hamil aman – aman aja kok.


Detil info baca disini: http://berbinarbinar.com/tips-kesehatan/tips-kesehatan-wanita/pijat-amankah-untuk-wanita-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar