Senin, 04 Maret 2013

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

cara cantik dengan maduSelain baik untuk kesehatan tubuh, madu juga dipercaya untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan zat dan nutrisi yang dimilikinya bisa membuat kulit wajah menjadi halus, kencang dan bersinar. Beikut cara agar kulit tampak cantik dengan Madu:

Bahan :
1 cangkir kecil madu
10 tetes air perasan jeruk lemon
1 buah mentimun, potong tipis-tipis

Cara penggunaan :

- Campur madu dengan perasan air jeruk lemon lalu aduk rata
-Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijat lembut selama 15 menit.
- Kemudian bersihkan sisa masker madu dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.
- Untuk mengembalikan kelembaban sekaligus mengencangkan kulit wajah, letakan irisan mentimun pada bagian wajah dan leher.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan:

A. Bibir merah alami dengan madu
Biasakan oles madu ke bibir yang dimaksud ( ya , bibir kamu . Bibir bibik kamu juga boleh) setiap malam sebelum tidur. Jangan banyak² , secukupnya aja . Tapi sekalian buat diminum juga boleh . Namun INGAT , madu yang udah nemple di bibir jangan dijilatin . Ntar efeknya ilang . Manfaatnya akan terasa sekitar 3 bulan kemudian.

B. Masker Madu
Campur satu sendok makan madu dan satu butir putih telur ( putihnya aja . kuningnya pisahin , buat campuran mi goyeng). Kocok hingga berbusa. Lalu oles ke wajah kamu ( temen kamu juga boleh kok !) dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat , bersihkan dengan air dingin. Lakukan 1 minggu 2x. Manfaatnya akan terasa sekitar 1 bulan kemudian.
Sebuah penelitian para ahli kecantikan pernah menyimpulkan, masker dari campuran madu dan putih telur berkhasiat untuk mengencangkan kulit. Kandungan mineral dalam madu dan putih telur memberikan nutrisi kepada lapisan kulit dalam dan kulit luar.

C. Menipedi dengan Madu
campur 2 sendok makan madu dengan air perasan satu buah jeruk nipis. Setelah itu, diaduk merata dan baru digunakan untuk mengurut, memijat permukaan kulit tangan, jemari dan kuku. Biarkan selama 30 menit.
Ramuan ini juga bisa digunakan untuk memijat jemari dan kuku kaki. Setelah itu, cucilah tangan dan kaki dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

Khasiat nutrisi madu dan jeruk nipis dapat memulihkan sel-sel kulit yang tua atau rusak, bahkan membangun jaringan kulit baru untuk mengganti bagian kulit yang mati dan kasar.
Nutrisi yang dikandung madu sangat lengkap. Hasil penelitian para ahli menyebut, madu mengandung mineral yang sangat lengkap dan mengandung tujuh jenis vitamin B kompleks, vitamin C, dekstrin, pigmen tumbuhan, asam amino, protein, senyawa ester (pembentuk enzim), dan senyawa aromatik

D. Facial di rumah dengan madu untuk kulit berminyak
Sediakan rebusan wortel (2 – 3 buah) dan haluskan. Lalu campur madu (sekitar 4,5 sendok makan) dengan wortel yang sudah dihaluskan tadi. Oles campuran wortel dan madu tadi ke wajah anda secara merata. Diamkan sekitar 10 – 15menit. Bilas dengan air hangat. Basuh dengan handuk. Lakukan 1 minggu sekali.

E. Menyegarkan wajah dengan masker madu dan apel
Kupas 1 buah apel, potong-potong, tambahkan 1 sdm madu, air ½ cangkir, blender sampai halus. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 20 menit, bilas dengan air dingin. Lanjutkan dengan mengompres wajah dengan es batu yang dibungkus handuk, tekan-tekan ke wajah.

F. Melembabkan wajah dengan madu
Campur 2,5 sdm madu dengan 2,5 sdt tepung susu, oleskan ke wajah dan leher. Diamkan 15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali.

G. Menurunkan berat badan dengan madu
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

H. Menghilangkan bekas jerawat dengan madu
Pertama anda bisa mengambil serbuk batang kayu manis dan campurkan dengan madu. Oleskanlah pada bekas jerawat tiap malam, dan bersihkan kembali keesokan harinya.
Tips kedua dengan cara mengambil sedikit madu asli dan kemudian dipanaskan sampai mendidih. Diamkan madu yang sudah mendidih itu sampai hangat suam2 kuku. Oleskan pada bekas jerawat selama kira kira dua jam.

I. Madu Sebagai Pembersih Muka
Campurkan madu dan oatmeal kira-kira sama perbandingannya, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci. Bagus sebagai penghilang jerawat dan lain-lain.

J. Melembabkan kulit dengan madu
Cobalah bersantai dalam rendaman madu dan susu ramuan sendiri. Cara ini berguna untuk melembabkan kulit sekaligus menghaluskannya. Selain itu, madu dan susu bisa memberi asupan nutrisi bagi kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 ¼ cangkir full cream atau whole milk, ½ cangkir madu murni dan beberapa tetes minyak esensial mawar sebagai pewangi dalam wadah keramik. Setelah diaduk rata, masukkan campuran ini ke dalam bath tub yang telah diisi dengan air hangat. Berendamlah selama kurang lebih 15 menit dan rasakan sendiri khasiatnya.

K. Wajah halus dengan madu
Oleskan madu secara merata ke muka sebelum tidur. Madu yang dgigunakan secukupnya saja, diperkirakan 1 sendok teh saja. Setelah dioleskan, pijat-pijat muka dengan lembut agar madunya dapat meresap dengan muda. Diamkan selama 30 menit – jam. Basuh muka dengan air dingin. Agar hasilnya lebih efektif, sebaiknya muka dicuci terlebih dahulu dengan sabun pembersih muka (facial foam) sebelum mengoleskan madu. Ini untuk mencegah masuknya kotoran ke pori-pori muka.

L. Wajah putih dan mulus dengan madu
Bahan² :
- 4 bonggol jagung muda (bukan jagung manis lho, itu sih enaknya direbus)
- 1 sendok makan madu
- 2 sendok makan kopi yang sudah diseduh dengan air, ambil ampasnya
- 1 sendok makan minyak zaitun
Cara pemakaian
- Parut jagung muda sampai alus dan berair
- Campur parutan jagung dengan madu, kopi dan minyak zaitun
- Balurkan keseluruh tubuh
- Tunggu hingga setengah kering
- Gosok pelan-pelan sampai semua terangkat
- Basuh tubuh dengan air hangat dan bisa dilanjutkan dengan mandi

M. Mengetahui murni tidaknya madu
1. Madu dapat dikatakan asli apabila belerang bilah korek api tetap dapat menyala setelah diolesi madu tersebut, meskipun tenggang waktu antara pengolesan madu dan penyalaan korek api relatif lama (sekitar 1 jam). Apabila korek api dapat menyala dalam tenggang waktu yang cepat tetapi tidak dapat menyala jika tenggang waktunya lama (1jam), keaslian madu diragukan.
2. Madu asli akan mengkristal berbiji-biji saat diaduk dengan kuning telur.
3. Madu asli tidak membeku saat disimpan dalam lemari es. Jika membeku tidak padat.
4. Madu asli hanya dikerumuni satu jenis semut, ciri-cirinya semut tersebut bertubuh tipis, kurus dan lincah. Madu tidak asli dikerumuni berbagai macam jenis semut.
5. Menggunakan alat polarimeter. Madu asli secara optis akan memutar ke kiri, sedangkan madu palsu akan memutar ke kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar